Aritmia

Aritmia (Irama Jantung Abnormal)
Aritmia_(Irama_Jantung_Abnormal).jpg

DEFINISI

  • Ritme jantung abnormal (aritmia) adalah ururtan dari detak jantung yang tidak teratur, terlalu cepat, terlalu lambat, atau dilakukan melalaui jalur listrik abnormal pada jantung.
  • Gangguan jantung adalah penyebab paling umum dari irama jantung abnormal (aritmia)
  • Kadang-kadang orang sadar irama jantungnya abnormal, tetapai kebanyakan mereka hanya merasakan konsekuensinya seperti lesu atau pingsan.
  • Diagnosis didasarkan pada elektrokardiografi
  • Pengobatan aritmia melibatkan pemulihan jantung ke irama normal dan mencegah episode lebih lanjut.
  • Jantung adalah organ berotot dengan empat kamar yang didesain untuk bekerja secara efesien, dapat diandalkan, dan terus menerus sepanjang hidup. Dinding otot tiap kamar berkontraksi dengan urutan yang tepat, mendorong darah sewaktu dicurahkan dengan energi sekecil mungkin dalam setiap detak jantung.
  • Kontraksi serat otot jantung dikontrol oleh pelepasan aliran listrik yang melalui jantung dengan cara yang teratur sepanjang alur yang pasti dan dengan kecepatan yang terkontrol. Penghentian irama terjadi setiap detak jantung memulai di pacemaker jantung (nodus sinoatrial), yang terletak di dinding atrium kanan. Kecepatan pelepasan dipengaruhi oleh impuls saraf dan oleh tingkat hormon yang bersirkulasi di aliran darah.
  • Bagian sistem saraf yang diatur detak jantung secara otomatis adalah sistem saraf otonomis, yang terdiri dari sistem saraf simpatis dan parasimpatis. Sistem simpatis mempercepat detak jantung, sistem parasimpatis memperlambatnya. Sistem simpatis menyuplai jantung melalui jaringan saraf, simpatis plexus. Sistem parasimpatis menyuplai jantung melalui saraf tunggal, saraf vagus.
  • Kecepatan jantung juga dipengaruhi oleh sirkulasi hormon efineprin (adrenalin) dan norefineprin (noradrenalin) sistem simpatis yang mempercepat detak jantung. Hormon tiroid mempengaruhi kecepatan jantung juga. Terlalu banyak hormon tiroid detak jantung menjadi cepat, dengan kadar hormon sedikit detak jantung menjadi lambat.
  • Kecepatan normal jantung biasanya 60 sampai 100 detak per menit. Namun demikian, detak jantung normal lebih rendah untuk usia muda, khususnya yang mempunyai fisik fit. Kecepatan jantung yang bervariasi adalah normal. Kecepatan jantung tidak hanya merespon kegiatan olah raga dan tidak beraktivitas tetapi juga dipengaruhi oleh nyeri dan emosi. Hanya ketika kecepatan jantung tidak wajar cepatnya (takikardi) atau lambatnya (bradikardi) atau ketika impuls elektrik bergerak dalam aliran yang abnormal sehingga detak jantung diperkirakan mempunyai irama yang abnormal (aritmia). Irama abnormal mungkin teratur atau tidak teratur.

Jalur elektrik

  • Pelepasan elektrik dari gerak pacemaker pertama kali melalui atrium kiri dan kanan, menyebabkan jaringan otot berkontraksi dengan berurutan dan darah disuntikan dari atrium ke ventrium. Pelepasan elektrik kemudian mencapai nodus atrioventrikular antara atrium dan ventrium. Nodus ini menunda transmisi pelepasan elektrik agar atrium berkontraksi secara penuh dan ventrium terisi darah sebanyak mungkin sepanjang diastol ventrikular, yaitu periode relaksasi ventrikular.
  • Setelah melalui nodus atrioventrikular, pelepasan elektrik bergerak turun ke simpul His, kelompok serat yang terbagi dalam simpul kiri untuk ventrium kiri dan simpul kanan untuk ventrium kanan. Pelepasan kemudian menyebar dengan cara yang sama ke permukaan ventrium, memulai kontraksi ventrium (sistol), sepanjang darah disuntikkan ke jantung.
  • Berbagai masalah dapat terjadi dengan aliran arus elektrik, menghasilkan keadaan aritmia dari keadaan aman ke keadaan yang menakutkan. Setiap tipe aritmia mempunyai penyebab masing-masing, tetapi beberapa menjadi penyebab berbagai aritmia. Aritmia minor mungkin disebabkan oleh konsumsi alkohol berlebihan, merokok, stres atau olah raga. Overaktivitas dan kurang aktivitas dari fungsi tiroid dan beberapa obat, khususnya yang digunakan untuk mengobati penyakit paru-paru dan beberapa obat untuk menurunkan tekanan darah, dapat mempengaruhi kecepatan dan irama jantung. Penyebab tersering aritmia adalah penyakit jantung, khususnya penyakit arteri koroner, fungsi abnormal klep jantung, dan gagal jantung. Kadang-kadang aritmia terjadi tanpa diketahui atau hal lain penyebabnya.

PENYEBAB

  • Penyebab aritmia paling umum  adalah gangguan jantung, penyakit arteri koroner khususnya, gangguan katup jantung, dan gagal jantung. Banyak obat resep atau OTC termasuk yang digunakan untuk mengobati gangguan jantung, dapat menyebabkan aritmia. Beberapa aritmia disebebakan oelh kelaianan anatomi yang ada sejak lahir (cacat lahir bawaan). Umur berkaitan dengan perubahan dalam system listrik jantung menyebabkan aritmia lebih mudah terjadi. Kelenjar tiroid ynag terlalu aktif (hipertiroidisme), menghasilkan kadar hormone tiroid yang tinggi, dapat menyebabkan aritmia cepat. Kelenjar tiroid yang kurang aktif (hipotiroid), menghasilkan hormone tiroid yang rendah dapat menyebabkan aritmia lambat. Terkadang tidak ada penyabab aritmia yang teridentifikasi.
  • Aritmia cepat (takikardi) bisa disebabkan oleh olah raga, stress emosional, konsumsi alcohol berlebih, merokok, atau menggunakan obat yang emngandung stimulant, seperti obat flu dan demam. Aritmia lambat (bradikardi) dapat disebabkan oelh nyeri, lapar, capai, gangguan pencernaan (seperti diare dan muntah), atau kembung, yangd apat merangsang saraf vagus berlebihan (dengan stimulasi yang cukup, walau jarang terjadi, saraf vagus dapat menyebabkan jantung berhenti) dalam sebagian besar keadaan, aritmia dapat selesai dengan sendirinya

GEJALA

  • Beberapa orang yang mengalami aritmia mungkin menyadarinya. Namun kesadaran detak jantung (palpitasi) bervariasi antara setiap orang. Beberapa orang dapat merasakan detak jantung yang normal, dan kebanyakan orang bisa merasakan detak jantung saat mereka berbaring di sisi kiri mereka.
  • Aritmia memilki konsekuensi yang berkisar dari tidak membahayakan hidup hingga mengancam nyawa. Keseriusan aritmia mungkin tidak terkait erat dengan keparahan gejala yang ditimbulkannya. Beberapa aritmia yang mengancam jiwa tidak ada gejalanya, dan beberapa aritmia tidak membahayakan nyawa dapat menyebabkan gejala parah. Seringkali, sifat dan keparahan dari gangguan jantung yang mendasarinya lebih penting daripada aritmia sendiri.
  • Ketika aritmia merusak kemampuan jantung untuk memompa darah,mereka dapat menyebabkan kelemahan, mengurangi kemampuan untuk berolahraga, sesak napas, pusing, pening dan ingsan. Pingsan terjadi ketika jantung memompa secara tidak efisien sehingga tidak lagi mempertahankan tekanan darah yang memadai. Jika terus berlanjut kematian dapat terjadi. Aritmia juga dapat memperburuk gejala gangguan jantung yang mendasarinya, termasuk nyeri dada dan sesak napas. Aritmia yang menimbulkan gejala membutuhkan perhatian segera.

DIAGNOSA

  • Seringkali, penjelasan pasien mengenai gejala membantu dokter membuat diagnosis awal dan menentukan keparahan aritmia. Hal yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah apakah palpitasi cepat atau lambat, teratur atau tidak teratur. Singkat atau lama dan apakah aritmia menimbulkan gejala. Dokter juga perlu mengetahui apakah palpitasi terjadi sewaktu istirahat atau sewaktu melakukan aktivitas yang membuat stress atau tidak biasa dan apakah mulai dan berhentinya tiba-tiba atau perlahan-lahan. Namun demikian, pemeriksaan diagnostic tertentu seringkali dibutuhkan untuk menentukan secara tepat jenis aritmia dan penyebabnya.
  • Electrocardiography (ECG) adalah prosedur pemeriksaan  utama untuk mendeteksi aritmia dan menentukan penyebabnya. Prosedur ini memberikan suatu grafik yang menggambarkan arus listrik yang dihasilkan setiap denyut jantung, biasanya, ECG merekam irama jantung hanya untuk waktu yang singkat. Karena aritmia biasanya berisfat intermiten, ECG monitor portable (Holter monitor) digunakan untuk merekam irama jantung secara terus menerus atau ketika pengguna merasakan irama jantung yang abnormal dan mengaktifkan monitor. Monitor ini biasanya dignakan 24 jam, dapat merekan secara sporadic aritmia sewaktu pasien menjalankan aktivias normalnya. Selama priode 24 jam, pasien juga terus membuat catatan mengenai gejala dan aktivitas, dimana berhubungan dengan aritmia. Untuk mendeteksi aritmia yang berbahaya yang terjadi sewaktu-waktu, dokter seringkali memasang alat perekam di bawah kulit dibawah tulang selangka (clavicle). Alat  dapat ditempatkan untuk waktu yang alama. Alat ini secara elektronik mentransmisikan simpanan rekaman irama jantung yang abnormal tanpa sakit melalui kulit.
  • Orang yang diduga memiliki aritmia yang membahayakan jiwa biasanya dirumahsakitkan. Irama jantung mereka secara koninyu direkam dan tayangkan pada sebuah monitor televisi pada sebelah tempat tidur atau di ruang perawat. Sehingga bila ada masalah dapat diidentifikasikan secara cepat.
  • Prosedur pemeriksaan lainnya termasuk tes tekanan latihan (ECG) dan pengukuran tekanan darah sewaktu olah raga dan tes alectrofisiologi. Sepanjang tes  alectrofisiologi kateter dengan elektroda kecil pada ujungny dimasukkan ke vena dan diteruskan hingga jantung. Elektroda digunakan untuk menstimulasi jantung, dan respon jantung dipantau, sehingga tipe aritmia dan pilihan perawatan terbaik dapat ditentukan.

Prognosis

Sebagaian besar aritmia tidak menyebabkan gejala atau mengganggu kemampuan jantung untuk memompa darah. Jadi mereka biasanya menimbulkan risiko sedikit atau tidak ada, meskipun mereka dapat menyebabkan kecemasan besar jika seseorang menyadari aritmia. Namun beberapa aritmia yang tidak berbahaya, dapat memicu aritmia yang lebih serius. Setiap aritmia yang merusak kemampuan jantung untuk memompa darah secara memadai, berbahaya. Seberapa seius sebagian bergantung pada apakah aritmia berasal dari  alat pacu jantung alami, di atrium atau dalam ventrikel. Umumnya, aritmia yang berasal dari atrium lebih serius dibanding mereka yang berasal dari atrium, lebih serius dibandingkan yang berasala dari alat acu jantung. Namun ada banyak pengecualian.

PENGOBATAN

Bagi pasien yang mengidap aritmia yang tidak berbahaya, untuk menjamin agar tidak berbahaya dengan pengobatan yang cukup. Kadangkala aritmia menjadi berkurang terjadinya atau bahkan berhenti ketika dokter mengganti obat pasien atau mengatur ulang dosisnya. Menghindari alcohol, kafein (dalam makanan dan minuman), atau merokok mungkin juga membantu. Menghindari olah raga keras dapat membantu jika debaran terjadi hanya sewaktu berolah raga.

Obat

Obat antaritmia berguna untuk menekan aritmia cepat yang menyebabkan gejala yang tidak bisa ditolerir atau berisiko. Tidak ada satu obatpun yang mampu mengobati semua aritmia pad asetiap pasien. Kadang kala beberapa obat harus dicoba sampa responnya memuaskan. Kadang kala obat antiaritmia dapat memperburuk atau bahkan menyebabkan aritmia. Efek ini disebut proaritmia. Obat antiaritmia juga menimbulkan efek samping lainnya.
Berikut dafta beberapa obat untuk mengobati aritmia.
Nama Generik Obat Efek samping Keterangan
Penghambat Saluran Sodium
Disopyramide Flecainide
Lidocaine
Mexiletine
Moricizine
Phenytoin
Procainamide
Propafenone
Quinidine
Tocainide
Aritmia (dapat menjadi fatal terutama bagi penderita gangguan jantung) Gangguan pencernaan
Pusing
Pening
Tremor/gemetaran
Retensi urin
Peningkatan tekanan intraokuler pada orang yang memiliki glaukoma
mulut kering
Obat ini memperlambat konduksi impuls listrik melalui jantung. obat ini digunakan untuk mengobati denyut ventrikel prematur, takikardia ventrikular, dan fibrilasi ventrikel dan fibrilasi atrium untuk mengkonversi atau debar atrium ke ritme yang normal (kardioversi)
Beta Bloker
Atenolol Bisoprolol
Metoprolol
Nadolol
Denyut jantung abnormal yang lambat (bradikardi) Gagal jantung
Kejang saluran udara (Bronkspasme)
Menjadkan kadar gula darah rendah
Gangguan sirkulasi di paha, lengan dan kaki
insomnia
Sesak nafas
depresi
Fenomena raynaud
Kelelahan
Obat ini digunakan untuk mengobati detak ventrikel prematur, takikardia ventrikel, fibrilasi ventrikel, dan takikardia supraventrikular paroksismal. mereka juga digunakan untuk memperlambat laj ventrikel pada orang dengan fibrilasi atrium atau debar atrium. Orang yang mengidap asma sebainya tidak menggunkan obat ini.
Penghambat Potasium
Amiodarone Bretylium
Ibutilide
Sotalol
Aritmia, tekanan darah rendah (semua) untuk amidarone, jaringan parut di paru-paru (fibrosis paru)
Untuk sotalol sama dengan efek samping beta bloker
Obat ini digunakan tnuk mengobati detak ventrikel prematur, takikardi ventrikel, fibrilasi ventrikel, fibrilasi atrium, dan debar atrium, karena Amidarone dapat menjadi racun, digunakan jangka panjang hanya pada  beberapa orang yang memiliki aritmia serius atau sangat mengganggu. Bretylium hanya digunakan untuk pengobatan jangka pendek takikardi ventrikel yang mengancam jiwa.
Penghambat kalsium
Diltiazem Verapamil Konstipasi Diare
Tekanan darah rendah
Kaki bengkak
Hanya pengahmabt kalsium tertentu yang berguna seperti Diltiazem dan verapamil. Mereka digunakan untuk memperlambat laju ventrikel pada orang yang telah mengalami fibrilasi atrium dan debar atrium dan untukmengobati takikardi supraventrikular paroksimal
Memperlambat konduksi impuls listrik melalui nodus melalui nodus atrioventrikular. Pasien yang menderita sindrom Wolf Parkinson White tidak dianjurkan mengkonsumsi verapamil atau diltiazem.
Digoxin

Mual Muntah
Aritmia serius
Jika dosis terlalu tinggi, xanthopsia (suatu kondisi dimana penglihatan kuning kehijauan)
Digoxin memperlambat konduksi impuls listrik melalui nodus atriventrikular. Digoxin digunakan untuk menurunkan tingkat ventrikel pada orang yang mengalami fibrilasi atrium atau debar atrium dan untuk emngobati takikardi supraventrikularparoksismal. Obat ini diberikan kepada bayi dan anak-anak muda mulai umur 10 tahun yang mengidap sindrom Wolf Parkinson White. tetapi orang dewasa yang mengidap sindrom ini tidak boleh mengkonsumsinya.
Nukleosida Purin
Adenosine Kejang apd jalan nafas (bronkospasme) Kemerahan (untuk sesaat) Adenosine memperlambat kondusi impuls listrik melalui nodus atrioventrikular. Adenosine digunakan untuk mengakhiri episode taikardi supraventrikular parksismal. Orang yang menderita asma tidak boleh diberian obat ini.

Alat pacu jantung

Alat pacu jantung buatan adalah sebuah alat elektronikang beraksi di tempat jantung sendiri. Alat ini diimplan melalui operasi di bawah kulit, biasanya di bawah tulang selangka.kanan atau kiri. Alat ini dkoneksikan ke jantung dengan kabel melalui pembuluh darah. Karena sirkuit dengan design dan batere terbaru rendah energi, unit ini dapat bertahan 10 sampai 15 tahun. Sirkuit baru ini hampir  sepenuhnya menghilangkan risiko gangguan dari telepon seluler, system pengapian mobil, radar, microwave dan detector keamanan bandara. Namun beberapa peralatan dapat mengganggu alat pacu jantung. Contohnya adalah mesin yang digunakan dalam pencitraan resonansi magnetic (MRI) dan diathermy (terapi fisik di mana panas diterapkan pada otot)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Thursday, May 25, 2017 at 1:29:00 AM PDT delete

Impotensi / Disfungsi ereksi atau dikenal juga dengan lemah syahwat merupakan kondisi dimana seorang pria tidak mampu ereksi (penis tegang/keras).

Kondisi ini juga bisa diartikan ketidakmampuan seorang pria mempertahankan ereksinya ketika melakukan hubungan seksual. Dengan kata lain, Penis atau alat vital pria kurang keras atau lembek.

Kondisi ini sebenarnya sangat berbahaya bagi kehidupan seksual sebuah pasangan. Namun kebanyakan pria malu untuk mengakui dan mengkonsultasikan masalah ini. Padahal dengan berkonsultasi, komunikasi dengan pasangan dan pengobatan yang tepat akan membuat lebh mudah menyembuhkan kondisi ini.

Andrologi | bagaimana mengatasi kulup panjang

Apakah sunat sakit | Metode sunat modesn terkini

hubungi Dokter | Chatting gratis

Reply
avatar