Jumat, 28 Oktober 2011

DAFTAR TILIK EPISIOTOMI MEDIOLATERAL


PENUNTUN BELAJAR
EPISIOTOMI MEDIOLATERAL
NO
LANGKAH / TUGAS
KASUS
1
2
3
4
5
Persiapan Tindakan
1.
Pasien :
§  Kassa steril
§  Bethadine
§  Gunting episiotomi
§  Larutan klorin 0.5%





2.
Petugas :
§  Apron plastik, masker, kacamata pelindung
§  Sarung tangan DTT/steril
§  Alas kaki/sepatu boot karet





Tindakan
3.
Jelaskan kepada ibu apa yang akan dilakukan, dan bantulah ibu untuk rileks





4.
Lakukan teknik aseptik pada daerah perineum yang akan dilakukan episiotomi





5.
Ingatlah bahwa saat yang tebaik untuk memotong episiotomi ialah pada saat perineum sedang menipis dan pucat atau mengkilap. Kehilangan darah akan lebih besar jika anda memotong lebih cepat. Akan tetapi, jika anda memotong episiotomi atas indikasi kegawatan bayi, maka lakukan pemotongan kapan saja diperlukan untuk mempercepat kelahiran bayi.





6.
Setelah pemberian 10 cc anestesi lokal ambillah gunting episiotomi yang tajam dengan satu tangan. Letakkan kedua jari tangan lainnya di dalam vagina diantara gunting dan kepala bayi untuk mencegah luka pada kepala bayi secara tidak sengaja. Ujung mata gunting yang tumpul haruslah di dalam vagina. Mulailah pada titik tengah dari perineum dan miringkan gunting anda sebesar 45 derajat. Jika anda tidak kidal, potonglah ke arah bokong kanan ibu. Jika anda kidal, potonglah ke arah bokong kiri ibu.





7.
Buatlah episiotomi dengan satu atau dua potongan besar. Potongan yang kecil-kecil akan membuat pinggiran luka bergerigi dan akan membuat penjahitan lebih sulit dan penyembuhan luka lebih lama.





8.
Setelah selesai melakukan pemotongan, putarlah gunting anda dan posisikan menghadap ke atas vagina. Dengan tangan anda lindungilah kepala bayi. Masukkan gunting yang telah dipakai tersebut dalam larutan klorin 0.5 %





9.
Tekanlah kain kassa ke daerah luka sementara ibu tersebut melanjutkan meneran bersamaan dengan datangnya kontraksi untuk mencegah kehilangan darah yang berkelanjutan. Jangan lupa menggunakan teknik steril yang baik. Jika anda mengangkat kassa tersebut dari luka, anda perlu mengambil kassa baru lain untuk menggantikannya. Hati-hati agar jangan sampai mencemari lika (infeksi) dengan sentuhan pada daerah tersebut oleh tangan anda yang bersarung, atau oleh kassa, kapas, kain atau alat.






SKOR NILAI  = ∑  NILAI    X  100%
             27           






TANGGAL







PARAF PEMBIMBING






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Nama :

Read more: http://farhanshare.blogspot.com/2012/06/cara-membuat-fb-like-box-melayang.html#ixzz2HuvyOjcx