DAFTAR TILIK AMNIOTOMI


PENUNTUN BELAJAR
AMNIOTOMI
NO
LANGKAH / TUGAS
KASUS
1
2
3
4
5
Persiapan Tindakan
1.
Pasien :
§  Klem ½ Kocher
§  Bengkok
§  Lenec / dopler
§  Larutan klorin 0.5 %





2.
Petugas :
§  Apron plastik, masker, kacamata pelindung
§  Sarung tangan DTT/steril
§  Alas kaki/sepatu boot karet





Tindakan
3.
Saat melakukan pemeriksaan vagina, sentuhlah selaput ketuban yang sedang menggelembung. Pastikan bahwa kepala sudah (benar-benar masuk ke dalam panggul) engaged dan bahwa anda tidak merasakan adanya bagian-bagian kecil janin.





4.
Memasukkan klem ½ kocher ke dalam vagina dengan jari tangan kiri anda dituntun oleh tangan kanan anda yang memakai sarung tangan hingga anda bisa merasakan / menyentuh selaput ketuban.





5.
Apabila kontraksi melemah, pindahkan jari tangan kanan anda dan gunakan klem ½ kelly atau ½ kocher untuk memecahkan selebar 1-2 cm dari atas ke bawah selaput membran hingga pecah.





6.
Dengan menggunakan tangan kiri anda keluarkan klem ½ kelly atau kocher  dan masukkan ke dalam larutan klorin 0.5%. pertahankan jari tangan kanan anda di dalam vagina untuk merasakan penurunan kepala janin dan untuk memastikan bahwa anda tidak meraba adanya tali pusat atau bagian-bagian kecil dari janin. Setelah anda memastikan penurunan kepala janin dan tidak adanya tali pusat dan bagian kecil janin, keluarkan tangan kanan anda secara lembut dari dalam vagina.





7.
Evaluasi warna cairan ketuban, periksa apakah ada mekonium atau darah (lebih banyak dari bercak bercampur darah yang normal). Jika mekonium atau darah terlihat, lakukan langkah-langkah gawat darurat.





8.
Cucilah sekresi dari sarung tangan anda di dalam larutan klorin 0.5% lalu kemudian lepaslah sarung tangan tersebut dan rendam di dalam larutan klorin 0.5% tersebut.





9.
Cuci kedua tangan dengan sabun dan air mengalir






10
Periksa kembali denyut jantung janin. Masukkan dalam partograf waktu pemecahan selaput ketuban, warna air ketuban dan DJJ






SKOR NILAI  = ∑  NILAI    X  100%
             30         






TANGGAL







PARAF PEMBIMBING






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »