INFO TENTANG COLLAGEN



Setiap harinya kita sering mendengar kata collagen, namun sebenarnya apa sih collagen itu? yuk !!! kita cari tau…. Cekidot!!!

Nama ‘collagen’ berasal dari bahasa Yunani yaitu ’kola’ yang berarti gula dan ‘gen’ yang berarti produksi. collagen merupakan suatu protein penting yang dapat ditemukan di seluruh tubuh kita.
Collagen  adalah salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Keberadaan collagen adalah kurang lebih mencapai 30% dari seluruh protein yang terdapat di tubuh dapat ditemukan dikulit, tulang hingga ke organ dalam tubuh sampai ke pembuluh darah.
 

 Collagen adalah struktur organik pembangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit. Serat kolagen memiliki daya tahan yang kuat terhadap tekanan.
Banyak produk perawatan wajah mengklaim mampu menghambat penuaan dengan mendorong sel-sel untuk memproduksi lebih banyak collagen. Memangnya apa sih kasiat collagen?


collagen menjadi komponen pembangun utama pada dermis, salah satu lapisan terendah pada kulit. collagen penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan lentur. collagen kerap disamakan dengan kasur, ketika masih baru, kasur masih kencang dan elastis. Lama-kelamaan, kasur mulai kempes.
collagen bisa rusak karena sejumlah alasan. Pertama, dengan bertambahnya usia, collagen pada kulit mulai memecah dan kaku. Saat kulit kita masih sehat, helaian-helaian collagen meluncur dengan mudah satu sama lain sehingga kulit kembali normal setelah Anda meregangkan wajah karena tersenyum atau mengerutkan dahi. Namun, ketika collagen mulai melebur, kulit kehilangan elastisitas dan tidak kembali normal.
Kita akan selalu membutuhkan suplai collagen dalam jumlah yang cukup. Meski begitu, tak mudah memelihara dan mendapatkan bahan ini. Faktanya, dari usia sekitar 25 tahun, tubuh juga mulai kehilangan collagen sebanyak 1,5 persen setiap tahun. Akibatnya, collagen yang rusak tadi tidak mampu memberikan dukungan yang baik untuk lapisan kulit teratas. Saat itulah kulit mulai menjadi keriput. Ketika keriput mulai terjadi, itu berarti collagen tidak berfungsi lagi.
Untuk memaksimalkan fungsi kolagen, jaga persediaan kolagen di dalam tubuh dengan mengonsumsi suplemen kolagen. Suplemen ini akan mengisi kembali persediaan kolagen dalam tubuh. Asupan suplemen kolagen secara rutin akan menghidupkan kembali kulit, menjaganya tetap sehat, mengurangi garis-garis keriput di wajah, serta menguatkan kuku dan memperbaiki kondisi rambut.
Suplemen ini paling baik dikonsumsi sebelum berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lain. Saat itulah fungsi kolagen menjadi maksimal dengan meningkatkan energi serta performa Anda. Suplemen ini juga menjaga dan mengisi kembali massa otot untuk meningkatkan pengambilan lemak tubuh sehingga berperan dalam mengendalikan berat badan.

Suplemen kolagen bagi perempuan mungkin sudah tidak asing lagi karena dipercaya bisa mencegah proses penuaan. Apa saja keuntungan dan efek samping dari suplemen kolagen?
Secara alami tubuh manusia akan memproduksi kolagen dalam jumlah yang memadai. Tapi seiring bertambahnya usia seseorang, maka produksi kolagen akan menurun.
Akibatnya tanda-tanda proses penuaan akan mulai terlihat seperti keriput, kulit mengendur, kuku yang semakin rapuh dan nyeri pada sendi. Untuk mencegah proses tersebut, maka banyak orang yang mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen kolagen.
Seperti dikutip dari Livestrong, Rabu (12/5/2010) kolagen adalah bahan protein alami di dalam tubuh yang dapat ditemukan pada tulang, kulit dan jaringan ikat. Sedangkan kolagen sintetik yang terdapat dalam suplemen biasanya diambil dari kolagen hewan seperti sapi.
Suplemen yang digunakan untuk mencegah keriput biasanya digunakan dengan menyuntikkan zat tersebut secara langsung ke daerah wajah sehingga akan terlihat lebih halus.
Suplemen ini juga bisa digunakan untuk mengobati kondisi lain seperti inkontinensia (orang yang tidak bisa menahan pipis) dan rheumatoid arthritis.
Suplemen kolagen yang biasa tersedia di pasaran bisa dalam bentuk pil, krim atau suntikan. Selain itu setiap suplemen kolagen biasanya mengandung jenis kolagen tertentu dengan fungsi yang berbeda-beda.


Baca juga : 
                   JOVEM GLUBERRY

                   KASIAT DAN MANFAAT COLLAGEN

                  BAHAYA KEKURANGAN COLLAGEN










Share this

Related Posts

Previous
Next Post »